Kamis, 18 Oktober 2012

perawatan kehamilan trimester pertama

  •  Perawatan Kehamilan Trimester Pertama
  • Kehamilan merupakan anugerah yang diberikan oleh Tuhan untuk calon ibu yang baru saja mengetahui kehamilannya, sangatlah penting untuk mengetahui cara Perawatan Kehamilan Trimester Pertama yang akan dibahas pada artikel ini. Trimester pertama kehamilan sangatlah penting karena disini mulai masa pada pembentukkan janin. Hal ini disebabkan karena pada tiga bulan pertama kehamilan kondisi janin masih rentan dan cenderung lemah. Maka dari itu sang calon ibu juga lingkungan di sekitarnya harus selalu senantiasa menjaga kondisi sang calon bayi dengan ekstra hati-hati.
  • reed more
  • Perawatan Kehamilan Trimester Pertama – Penuhi Kebutuhan Nutrisi
  • Kebutuhan nutrisi ibu hamil memang berbeda dengan wanita pada umumnya. Ibu hamil memiliki kebutuhan yang lebih tinggi. Salah satu nutrisi yang tidak boleh terlewatkan oleh calon ibu pada trimester pertama kehamilan adalah vitamin ADEK.yang terdiri dari asam folat, Nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk menjaga perkembangan otak sang calon bayi dan menghindarkannya dari cacat lahir. Besarnya kadar asam folat yang harus dikonsumsi calon ibu pada masa kehamilan tiga bulan pertama adalah sebanyak 300 mg setiap harinya. Asupan ini harus dipertahankan selama 12 minggu agar tumbuh kembang calon bayi dapat berjalan optimal. Nutrisi lainnya yang juga penting untuk dikonsumsi pada masa kehamilan, khususnya pada tiga bulan pertama adalah zat besi( Fe ). Hal ini dikarenakan zat besi dapat mencegah anemia yang sering menjadi masalah bagi para calon ibu. anemia dikarenakan adanya pengenceran darah karena sistem metabolisme yang terjadi pada kehamilan. Asupan vitamin lainnya juga sebenarnya harus tetap dijaga agar seimbang. Harus diingat bahwa sumber asupan nutrisi yang paling baik adalah yang berasal dari bahan alami.
  • Perawatan Kehamilan Trimester Pertama – Jaga Kondisi Psikologis
  • Selain faktor fisik, faktor psikologis juga sangat penting bagi kelancaran kehamilan, terutama pada trimester pertama. Calon ibu yang memasuki bulan-bulan pertama kehamilan banyak yang mengalami stres dan kemurungan yang sebenarnya dapat sangat mempengaruhi kondisi kesehatan sang janin. Hal ini biasanya disebabkan karena kurangnya pengetahuan terhadap kehamilan itu sendiri dan bagaimana cara menjaganya. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka jagalah kondisi psikologis dengan cara mencari banyak informasi mengenai kehamilan. Hal ini akan membuat calon ibu menjadi lebih tenang dalam menghadapi kehamilannya, dan apabila ada keluhan maka akan dapat diatasi dengan tepat. Ketenangan calon ibu dapat menghadapi kehamilannya sangatlah penting karena kondisi psikologis calon ibu bertalian erat dengan sang calon bayi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar